Amri, R., & Kurniawan, D. (2018). Evaluasi Implementasi Kurikulum pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Program Menjahit di Kabupaten Bandung Barat. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 2(2), 139–152.
Ariyandi, E. H., Saepudin, A., & Komar, O. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Kursus Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berwirausaha Lulusan Kursus Komputer Desain Grafis Di Lkp Ikma Majalaya. Pedagogia: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(1), 1. https://doi.org/10.17509/pedagogia.v15i1.6556
Baitullah, M. J. A., & Wagiran, W. (2019). Cooperation between vocational high schools and world of work: A case study at SMK Taman Karya Madya Tamansiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 280–293. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.27719
Bandandjaja, B. (2020). Program & Kebijakan Direktorat Pendidikan Tinggi Vokasi & Profesi Kemendikbud dalam Penerapan Kegiatan Kampus Merdeka-Merdeka Belajar. Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan. https://lldikti6.id/wp-content/uploads/2020/07/08-Bahan-Dir-PTVP-Kemdikbud-01-KMMB-LLDIKTI-VI.pdf
BNSP. (2020). Asean Guiding Principles for QA and Recognition of Competency Certification Systems: Indonesia Final Benchmarking Report.
Boeren, E. (2019). Understanding Sustainable Development Goal (SDG) 4 on “quality education” from micro, meso and macro perspectives. International Review of Education, 65(2), 277–294. https://doi.org/10.1007/s11159-019-09772-7
Cahyanti, S. D., Indriayu, M., & Sudarmo. (2018). Implementasi Program Link and Match dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri pada Lulusan Pemasaran SMK Negeri 1 Surakarta. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomo, 26(July 2018), 23–26.
Chinedu, C. C., Wan Mohamed, W. A., & Ajah, A. O. (2018). A systematic review on education for sustainable development: Enhancing tve teacher training programme. Journal of Technical Education and Training, 10(1), 109–125. https://doi.org/10.30880/jtet.2018.10.01.009
Dardiri, A. (2012). Membangun Citra Pendidikan Kejuruan: Manfaat dan Implikasinya Bagi Perbaikan Kualitas Output dan Outcome. INVOTEC, 3(1), 1–19.
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. (2020). Direktorat Kursus dan Pelatihan Tingkatkan Kompetensi LKP Berstandar Industri. Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi. https://www.vokasi.kemdikbud.go.id/read/direktorat-kursus-dan-pelatihan-tingkatkan-kompetensi-lkp-berstandar-industri
Disas, E. P. (2018). Link and Match sebagai Kebijakan Pendidikan Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 231–242.
Djojonegoro, W. (1999). Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). PT Balai Pustaka.
Djojonegoro, W. (2016). Sepanjang Jalan Kenangan. KPG.
Frovihandika, D., & Arifin, Z. (2020). A Suitability Of Competency Certification Scheme For Automotive Vocational High School With LSP P1 Against Business and Industrial World Needs In Semarang City. International Conference on Educational Research and Innovation (ICERI 2019), 401(Advances in Social Science, Education and Humanities Research), 110–115. https://doi.org/10.4108/eai.29-6-2019.2290502
Hadi, S. (2013). Evaluasi Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Program Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2), 267–283. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i2.1036
Harususilo, Y. E. (2020a). Ini Dia, Makcomblang “Pernikahan Massal” Vokasi dan Industri. Kompas. https://www.kompas.com/edu/read/2020/06/28/205951671/nikah-massal-vokasi-didu-diharapkan-jadi-solusi-peluang-kerja-lulusan-smk?page=all
Harususilo, Y. E. (2020b). “Nikah Massal” Vokasi DIDU Diharapkan Jadi Solusi Peluang Kerja Lulusan SMK. Www.Kompas.Com.
Husein, M. T. (2019). Link and Match Pendidikan Sekolah Kejuruan. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 39–47. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.2037
Ikhsan, D. (2020). Kemendikbud Tingkatkan Kompetensi 29 LKP terkait Industri Perhotelan. Www.Kompas.Com.
Judisseno, R. K. (2008). Jadilah Pribadi yang Kompeten di Tempat Kerja. PT Gramedia Pustaka Utama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Jumlah Data Satuan Pendidikan (Sekolah) Pendidikan Masyarakat (Dikmas) per Provinis: Prov. Sumatera Barat.
Rencana Strategis Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Tahun 2020-2024, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (2020).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat. (2020). Strategi ‘Pernikahan Massal’ Tumbuhkan Kepercayaan DUDI pada Lulusan Vokasi. Blog Kemendikbud; Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/05/strategi-pernikahan-massal-tumbuhkan-kepercayaan-dudi-pada-lulusan-vokasi
Lambini, C. K., Goeschl, A., Wäsch, M., & Wittau, M. (2021). Achieving the sustainable development goals through company staff vocational training—the case of the federal institute for vocational education and training (Bibb) inebb project. Education Sciences, 11(4), 1–5. https://doi.org/10.3390/educsci11040179
Lawer, L., Brusilovskiy, E., Salzer, M. S., & Mandell, D. S. (2009). Use of vocational rehabilitative services among adults with autism. Journal of Autism and Developmental Disorders, 39(3), 487–494. https://doi.org/10.1007/s10803-008-0649-4
McGrath, S., Alla-Mensah, J., & Langthaler, M. R. (2020). Skills for decent work, life and sustainable development: Vocational education and the sustainable development goals. In Essential Concepts of Global Environmental Governance (No. 18). https://doi.org/10.5005/jp/books/13071_5
NS, A. Y. R. S. (2017). Penyelenggaraan Program Pelatihan babby Sitter balita di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Kasih Bintang Timur Kota Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Nurtanto, M., Arifin, Z., Sofyan, H., Warju, W., & Nurhaji, S. (2020). Development of model for professional competency assessment (Pca) in vocational education: Study of the engine tune-up injection system assessment scheme. Journal of Technical Education and Training, 12(2), 34–45. https://doi.org/10.30880/jtet.2020.12.02.004
Pamungkas, A. H. (2020). Non-Formal Educational Institutions Provider ’ s Readiness in the Implementation of the Regulation of the Minister of Education and Culture of the Republic of Indonesia No . 9 of 2020. Proceeding of The Non-Formal Education International Conference 2020, 1–5.
Pangestu, F., & Sukardi, S. (2019). Evaluation of the implementation of workshop and laboratory management on vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(2), 172–184. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i2.25991
Pengelola Web Kemdikbud. (2020). Strategi ‘Pernikahan Massal’ Tumbuhkan Kepercayaan DUDI pada Lulusan Vokasi.
Purnomo, K. I. (2020). Uji Kompetensi Yunior Teknisi Akuntansi Level II di Tempat Uji Kompetensi Lembaga Kursus dan Pelatihan Computer Centre Cirebon. JURPIKAT (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(2), 105–113. https://doi.org/10.37339/jurpikat.v1i2.300
Putranto, I. (2017). Pengembangan Model Kerja Sama Link and Match Untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja Bagi Lulusan Smk Kompetensi Keahlian Akuntansi Di Kota Semarang. Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 1(1), 68–83. https://doi.org/10.33753/mandiri.v1i1.10
Ramachandra, S., S Murthy, G., Shamanna, B., Allagh, K., Pant, H., & John, N. (2017). Factors influencing employment and employability for persons with disability: Insights from a City in South India. Indian Journal of Occupational and Environmental Medicine, 21(1). https://doi.org/10.4103/ijoem.IJOEM_44_16
Sakarinto, W. (2020). Kebijakan Pendidikan Tinggi Vokasi dengn DUDI Menuju Poltek Kelas Dunia. In Jurnal Pendidikan Vokasi.
Siswandoko, T., & Suryadi, A. (2013). Kompetensi, Sertifikasi Guru, dan Kualitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 305. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.290
Sujanto, A. (2016). Pengembangan Kemitraan Lembaga Kursus Dan Pelatihan (LKP) dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk Penjaminan Mutu LKP. Jurnal Infokam, XII(1), 59–65.
Yani, I. (2019). Efektivitas Pembelajaran Komputer Bersertifikat Lembaga Kursus dan Pelatihan pada Mata Pelajaran Muatan Lokal Paket C. 14(2), 103–112. https://doi.org/doi.org/10.21009/JIV.1402.3 Volume